Apa yang Dilihat Konsumen dari Papan Reklame Anda

January 4, 2018

Di jaman modern dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini; peran marketing dan advertising mulai bergeser ke dunia maya dan bertebaran pada iklan-iklan aplikasi dari gadget anda. Hal ini dilatarbelakangi oleh mulai masuknya generasi milenial; yang lahir pada tahun 1990an dengan ciri khas perilaku instant gratification (cenderung menempuh jalan cepat dalam melakukan sesuatu dan kurang menghargai proses) ke dalam usia produktif. Sehingga banyak perusahaan yang mulai memperbaiki secara intensif dan menerapkan strategi konten serta SEO (Search Engine Optimizer) ke dalam roda perusahaannya.

            Namun, terlepas dari perkembangan dunia digital yang pesat dan persaingan yang sengit didalamnya; untuk urusan menarik perhatian calon konsumen, papan reklame (Signage) masih menjadi juara. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh FedEx di Amerika Serikat pada tahun 2014 yang lalu, lebih dari setengah pemilik usaha kecil memiliki papan reklame; baik dalam bentuk analog maupun digital. Dan menurut para peserta survey, papan reklame tersebut efektif untuk dapat menarik perhatian calon konsumen dan meningkatkan penjualan mereka.

Berikut adalah contoh-contoh papan reklame yang dapat anda jadikan ide atau inspirasi anda, serta akan menjadi makanan pembuka untuk pembahasan selanjutnya :

 

 

 

 

 

 

PAPAN REKLAME DARI SEGI KONSUMEN

 

            Yang pertama kali dilihat oleh calon konsumen dari papan reklame anda sudah tentu adalah desain yang anda usung. Berdasarkan survey yang sama yang dilakukan oleh FedEx; dari 500 usaha kecil yang menjadi responden, sebanyak 64% pemiliknya merupakan generasi milenial, memilih menggunakan papan reklame yang kreatif pada toko-toko mereka. Sementara bagi para baby boomer (kelahiran tahun 1970an) menempatkan papan reklame yang menekankan kesan sederhana dan simple untuk toko mereka. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan papan reklame beragam; namun kebanyakan menggunakan material akrilik, kayu, dan metal/ornamen lainnya. Material yang digunakan dalam pembuatan papan reklame; baik berupa akrilik maupun kayu, harus melalui proses pemotongan yang menuntut tingkat presisi yang tinggi. Sehingga untuk menjaga kualitas material, para pengusaha di Amerika Serikat lebih cenderung menggunakan metode atau jasa laser cutting untuk membuat papan reklame. Dan untuk soal harga, harga dari akrilik dan material kayu cukup terjangkau bagi para pengusaha. Anda dapat melihat harga dan stok dari bahan material akrilik dan kayu tersebut disini.

 

Tidak lupa, Cek juga artikel mengenai penggunaan jasa laser cutting di jakarta untuk membuat corporate gift

 

            Seorang calon konsumen yang dihadapkan pada 2 atau lebih pilihan vendor, akan memilih penjual yang memiliki kesamaan nilai-nilai dengan dirinya. Nilai-nilai dapat terlihat pertama kali pada tampak luar dari tempat usaha dari penjual, serta identitas penjual yang diwakilkan oleh papan reklame. Pada moda usaha yang menggunakan unsur kreativitas yang tinggi pada papan reklamenya, akan jauh lebih dilirik oleh generasi milenial. Sementara papan reklame yang sederhana namun elegan, akan memikat kalangan konsumen yang lebih berumur.

 

“Desain, pembuatan, serta pemasangan papan reklame akan memikat calon konsumen dengan menganut nilai dan norma yang selaras dengan perusahaan anda”

 

            Selain itu, desain yang unik dan eye-catchy; atau bahkan kontroversial, akan membuat papan reklame anda lebih sering dilirik oleh para calon konsumen. Dan untuk hal ini, terdapat 2 prinsip desain yang harus dipahami dalam pembuatan papan reklame, yaitu :

 

1. Pemilihan Warna yang Menarik;

Seringkali warna menjadi kunci utama dalam desain papan reklame dari perusahaan besar; dan beberapa warna menjadi erat kaitannya dengan brand perusahaan tersebut. Contohnya adalah apabila anda melihat huruf M berwarna kuning, maka anda akan langsung teringat pada brand McDonald, bukan ? Demikian halnya dengan kaleng berwarna merah yang menjadi ciri khas dari Coca-cola. Pemilihan warna yang tepat juga dapat membentuk brand perusahaan ke arah yang benar; mengingat tiap warna memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Sehingga anda harus cermat dalam memilih warna bagi papan reklame anda; dan tentunya bagi logo anda.

 

2. Tingkat Kekontrasan dalam Desain;

Di dunia kesehatan, telah diketahui sejak dulu bahwa penggunaan warna hijau pada baju operasi dokter serta perawat dapat membuat fokus para tenaga medis ini tidak terkuras dengan cepat. Sementara pada papan reklame yang bertujuan menarik calon konsumen untuk melirik ke tempat usaha memiliki warna-warna yang kontras dalam desainnya; misalnya penggunaan warna gelap pada teks di papan reklame yang menggunakan latar belakang warna cerah (seperti putih, kuning, oranye, dll). Demikian pula sebaliknya, warna cerah pada teks dengan latar belakang warna-warna gelap. Tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian, penggunaan warna-warna kontras akan meningkatkan daya baca masyarakat/calon konsumen; karena tulisan yang ada di papan reklame akan dapat terbaca dengan sempurna, tanpa ada kesalahan pelafalan merk/brand.

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Apa yang Dilihat Konsumen dari Papan Reklame Anda

January 4, 2018

1/4
Please reload

Recent Posts

March 19, 2019

Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags