Custom Corporate Gift dengan Laser Cutting

December 16, 2017

Corporate Gift atau Souvenir Perusahaan adalah sebuah hadiah yang diberikan oleh perusahan; dan bukan merupakan sebuah konsep yang baru. Namun pemberian hadiah semacam ini sering dilupakan. Hadiah tersebut dapat diberikan kepada pihak eksternal perusahaan; seperti kepada pelanggan, calon konsumen, rekanan perusahaan, maupun kepada para pemegang saham perusahaan. Tidak jarang, para penyedia jasa laser cutting di jakarta menerima pesanan hadiah yang nantinya akan diberikan kepada pihak internal perusahaan; seperti dalam rangka penganugerahan gelar karyawan terbaik, atau kepada karyawan yang telah menyelesaikan masa kerjanya dan memasuki masa pensiun Contohnya :Corporate Gift atau Souvenir Perusahaan adalah sebuah hadiah yang diberikan oleh perusahan; dan bukan merupakan sebuah konsep yang baru. Namun pemberian hadiah semacam ini sering dilupakan. Hadiah tersebut dapat diberikan kepada pihak eksternal perusahaan; seperti kepada pelanggan, calon konsumen, rekanan perusahaan, maupun kepada para pemegang saham perusahaan. Tidak jarang, para penyedia jasa laser cutting di jakarta menerima pesanan hadiah yang nantinya akan diberikan kepada pihak internal perusahaan; seperti dalam rangka penganugerahan gelar karyawan terbaik, atau kepada karyawan yang telah menyelesaikan masa kerjanya dan memasuki masa pensiun Contohnya :

Di negara-negara lain, terutama negara-negara maju, pemberian hadiah sejenis ini telah membudaya baik dikalangan perusahaan besar, maupun perusahan-perusahaan start-up. Pembagian souvenir perusahaan seringkali dilakukan ketika masa libur menjelang atau pada hari-hari besar. Menurut  OPEN dari American Express, bentuk-bentuk souvenir perusahaan yang populer di kalangan masyarakat Amerika adalah :

  1. Kartu ucapan atau kalender;

  2. Kupon hadiah (biasanya diberikan oleh perusahaan retail maupun restoran);

  3. Produk branded dari perusahaan;

  4. Tanaman, Parcel buah atau makanan, dan wine/liquor;

 

 

“ Souvenir perusahaan / corporate gift di Indonesia telah kehilangan makna sesungguhnya; karena tidak kreatif dan tidak lagi spesial ” 

 

 

 

Budaya seperti ini belum berkembang di Indonesia; karena bentuk-bentuk souvenir yang diberikan perusahaan seringkali hanya berupa kalender saja. Tanggapan dari penerima hadiah pun beragam; namun baik penerima hadiah di luar negeri maupun di dalam negeri memiliki 2 tanggapan yang senada. Yang pertama adalah terlalu banyaknya hadiah perusahaan yang mereka terima pada suatu rentang waktu tertentu. Contohnya saat menjelang tahun baru; berapa banyak kalender yang anda terima dari perusahaan ? baik dari perusahaan tempat anda bekerja maupun dari rekanan kerja, atau dari tempat anda biasanya berbelanja. Tanggapan pertama tersebut berlanjut dengan tanggapan kedua, yaitu : “Hadiah yang diberikan itu-itu saja”. Sehingga menimbulkan kesan bahwa hal tersebut adalah hal yang biasa; dan kemudian menghilangkan makna hadiah yang terkandung didalamnya. Padahal perusahaan telah mengeluarkan uang yang banyak untuk memproduksi dan memasarkannya.

 

 

Pemberian hadiah / souvenir oleh perusahaan sebenarnya berawal dari aspek marketing dan psikologis dari penerima hadiah. Sehingga pemberiannya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, agar hadiah tetap memiliki makna istimewa dan/atau spesial.

Dalam perusahaan manapun, prinsip 80/20 tetap berlaku; dimana sebesar 80% pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan dihasilkan oleh 20% konsumen. Konsumen tersebut merupakan pelanggan tetap dan bernilai sangat tinggi bagi perusahaan. Sehingga, perusahaan seharusnya berusaha keras untuk menjaga relasi dan tingkat kepuasan konsumen tersebut sembari menambah jumlahnya secara bertahap.

Pelanggan setia akan selalu menuntut (atau setidak-tidaknya memiliki ekspetasi untuk mendapatkan) perlakuan spesial dari perusahaan. Perlakuan spesial tersebut dapat berupa perbedaan perlakuan sebelum kegiatan jual-beli terjadi (usaha promosi perusahaan), saat terjadi kesepakatan jual beli dengan perusahaan, ataupun berhubungan dengan layanan purna-jual (service, customer service, dll).

 

Pelanggan setia akan selalu menuntut (atau setidak-tidaknya memiliki ekspetasi untuk mendapatkan) perlakuan spesial dari perusahaan. Perlakuan spesial tersebut dapat berupa perbedaan perlakuan sebelum kegiatan jual-beli terjadi (usaha promosi perusahaan), saat terjadi kesepakatan jual beli dengan perusahaan, ataupun berhubungan dengan layanan purna-jual (service, customer service, dll).

 

 

 

“Pelanggan yang telah menerima perlakuan spesial akan merasa memiliki “hutang” kepada perusahaan dan akan berusaha untuk mengembalikan “hutang” tersebut” 

 

 

 

Dengan memberikan perlakuan yang berbeda atau spesial, para konsumen cenderung memilih untuk tetap menggunakan jasa/produk dari sebuah perusahaan; yang berimbas pada peningkatan pendapatan perusahaan. Tidak hanya itu, pelanggan yang telah menerima perlakuan spesial (baik dalam bentuk jasa / souvenir) akan merasa memiliki “hutang” kepada perusahaan dan akan berusaha untuk mengembalikan “hutang” tersebut. Hal ini terjadi di pikiran bawah sadar konsumen, sehingga besar kemungkinan mereka tidak menyadarinya. Usaha mereka untuk mengembalikan “hutang” bermacam-macam, mulai dari mempromosikan perusahaan kepada kolega nya, menggunakan layanan yang lebih profitable dari perusahaan, hingga turut memberikan ide-ide positif untuk kemajuan perusahaan. Apapun usaha mereka, dampaknya akan selalu positif bagi perusahaan.

Salah satu cara yang dapat anda pakai adalah dengan memberikan hadiah / souvenir dari perusahaan. Namun perlu digarisbawahi, agar hadiah yang diberikan bermakna bagi penerimanya, hadiah tersebut harus dibuat unik dan personal.

            Trik yang dapat anda jalankan adalah dengan memberikan hadiah yang berbeda dari perusahaan kebanyakan (kalender, gelas, dll) dan sesuai dengan kebutuhan keseharian konsumen. Mari kita ambil contoh jam meja dibawah ini :

 

Berbahan dasar kayu redbirch dan digarap oleh penyedia jasa laser cutting di Jakarta, jam ini mampu memberikan kesan personal dan unik, mewah namun relatif murah. Kebanyakan para pengguna souvenir dari The AYOMA ini merupakan kalangan eksekutif yang sangat menghargai waktu dalam kesehariannya. Ditambah dengan tidak banyaknya perusahaan yang memberikan jam meja berbahan dasar kayu seperti ini, membuat souvenir ini jauh lebih unik. Sehingga dampaknya, souvenir ini akan dipakai oleh para penerimanya dan turut meningkatkan brand awareness dari pemesan souvenir ini.

 

Tertarik untuk merealisasikan desain souvenir perusahaan dengan mesin laser presisi dari Red Fennec ? Silahkan lihat dulu harga material berkualitas dan murah yang kami tawarkan disini.

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Apa yang Dilihat Konsumen dari Papan Reklame Anda

January 4, 2018

1/4
Please reload

Recent Posts

March 19, 2019

Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags